Bibi Ahmad Chahyanto SGz
Coconute GM46

Praktikum Identifikasi Lipid Darah dan Uji Lipid (Revisi)

September 28th 2014 in Uncategorized

Dear Mahasiswa Peserta Praktikum Pengantar Biokimia Gizi Semester Ganjil 2014/2015 Khususnya Kelas B1 dan B3.

Berikut Pembagian Tugas dalam Praktikum dan Teknis Pelaksanaan Praktikum Rabu, 1 Oktober 2014 dan Kamis, 2 Oktober 2014.

1. Pengambilan darah dan Isolasi Serum tidak perlu dilakukan. Serum darah sampel disediakan oleh Asisten Praktikum dan Laboran. Jadi TIDAK DIPERLUKAN RESPONDEN dari Mahasiswa.
2. Pre Lab dibuat 2 Judul Besar yaitu “Uji Lipid (BAB VII)” dan “Identifikasi Lipid dalam Darah (BAB VIII)”.
3. Khusus Uji Lipid (BAB VII), materi yang dijadikan Pre Lab hanyalah Sub-Bab yang dipraktik kan saja yaitu Sub Bab “Pengamatan terhadap Lipid dan Asam Lemak (BAB VII Bagian A) dan Uji Kelarutan (BAB VII Bagian B)”.
4. Materi Kuis diambil dari Materi yang dibuat Pre Lab nya. Selain itu, tambahan Kuis juga diambil dari materi terkait perbedaan serum dan plasma darah ditinjau dari komposisinya, cara isolasi, dan penggunaannya (aplikasi).
5. Pengamatan terhadap Lipida dan Asam Lemak : Seluruh Kelompok Praktikum melakukan pengamatan masing-masing terhadap seluruh sampel praktikum (oleat, minyak kelapa, lemak hewan, minyak jagung, stearat, gliserol, minyak zaitun, margarin dan mentega). Khusus Palmitat dan Linoleat tidak diamati secara fisik, tetapi praktikan dapat mencari sifat fisik dan kimianya di berbagai sumber.
6. Uji Kelarutan : Satu Kelompok hanya mendapatkan 1 Sampel untuk selanjutnya dilarutkan ke dalam masing-masing 5 jenis pelarut yaitu Akuades, Alkali, Asam Encer, Alkohol Dingin dan Alkohol Panas. Pembagian sampel :
– Kelompok 1 : Minyak Kelapa
– Kelompok 2 : Mentega
– Kelompok 3 : Margarin
– Kelompok 4 : Oleat
– Kelompok 5 : Stearat
– Kelompok 6 : Gliserol
7. Identifikasi Lipid dalam Darah : Setiap Kelompok menganalisis sampel Serum Darah masing-masing. Standar dan Blanko masing-masing dibuat 1 saja untuk 1 kelas praktikum. Standar dibuat oleh kelompok 2 dan Blanko dibuat oleh kelompok 3. Standar dan Blanko harus selesai lebih dahulu dibanding Uji.

LAPORAN :

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pola umum-khusus berisi data-data terbaru terkait lipid dan asam lemak yang berkaitan dengan praktikum. Mengapa mahasiswa gizi penting melakukan praktikum ini.

Tujuan
Sesuaikan dengan materi praktikum yang dilakukan.

TINJAUAN PUSTAKA
Lipid dan Asam Lemak dalam Pangan
Apa itu lipid dan asam lemak, struktur biokimia lipid, perbedaan lipid dan minyak, fungsi.

Klasifikasi Lipid
Tuliskan klasifikasi lipid beserta sifat masing-masing klasifikasi dan contohnya.

Lipid dalam Darah
Bentuk dan komponen lipid dalam darah manusia, fungsinya.

METODOLOGI
Waktu dan Tempat

Alat dan Bahan
-Uji Lipid
Tuliskan alat dan bahannya dalam bentuk paragraf, bukan poin.
-Identifikasi Lipid dalam Darah
Tuliskan alat dan bahannya dalam bentuk paragraf, bukan poin.

Prosedur Percobaan
-Uji Lipid
-Identifikasi Lipid dalam Darah
Mulai dari pengambilan darah, isolasi serum dan sampai seluruh yang dilakukan dalam praktikum.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Jadikan 2 Subbab berbeda yaitu “Uji Lipid” dan “Identifikasi Lipid dalam Darah”. Tabel yang dicantumkan dalam Hasil dan Pembahasan adalah Tabel Jadi, bukan Tabel Mentah. Contoh tabel dalam Hasil dan Pembahasan :
Tabel 13 Halaman 54, Tabel 14 Halaman 55. Tabel 18 (Halaman 60), 19 (Halaman 61), dan 20 (Halaman 63) tanpa kolom Absorbansi Standar dan Uji.
Hasil dan pembahasan tidak hanya berisi Tabel tetapi berisi Interpretasi Hasil dan Tabel serta Sintesis Hasil Praktikum. Jangan hanya membaca tabel (menuliskan kembali seluruh isi tabel). Gunakan tinjauan pustaka baik yang tercantum maupun tidak tercantum dalam Bab Tinjauan Pustaka.

SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Saran

DAFTAR PUSTAKA
Baca PPKI (Panduan Penulisan Karya Ilmiah IPB) tahun 2013.

LAMPIRAN


Comments are closed.

Indonesia merupakan Negara dengan iklim tropis yang memiliki keanekaragaman hayati. Indonesia memiliki hampir 3000 spesies tanaman yang tersebar di seluruh pulau-pulau Indonesia. Sekitar 9600 spesies tanaman memiliki khasiat sebagai obat, sekitar 7000 spesies yang dimanfaatkan oleh masyarakat baik secara tradisional maupun industri dan yang didaftarkan ke BPOM RI hanya 283 tanaman (Eisai Indonesia 1986, […]

Previous Entry

Dear Mahasiswa Peserta Praktikum Pengantar Biokimia Gizi Semester Ganjil 2014/2015 Khususnya Kelas B1 dan B3.

Berikut Pembagian Tugas dalam Praktikum dan Teknis Pelaksanaan Praktikum Pengantar Biokimia Gizi Semester Ganjil Rabu 8 Oktober 2014 dan Kamis 9 Oktober 2014.

1. Masing-masing kelompok praktikum harus menentukan 1 orang responden (1 Kelas aka nada 6 responden).
2. Pengambilan suplemen vitamin C dilakukan oleh […]

Next Entry

Komentar Terakhir
Kategori